Latar Belakang

Perkembangan teknologi pada abad ke-20 ini membuat perubahan besar kepada masyarakat dan bisnis, sehingga membuat banyak proses yang tadi dilakukan secara konvensional menjadi otomatis oleh mesin sehinggga membuat banyak keuntungan untuk masyarakat luas maupun perusahaan. Tetapi, perubahaan yang terjadi tidak hanya membawa dampak positif melainkan juga membawa dampak negatif, khususnya bagi nilai-nilai etika yang "meluntur" pada abad ini.

Beberapa persoalan-persoalan terkait dengan Etika adalah sebagai berikut:
  1. Berikan 3 contoh perubahan proses binsis/sosial akibat teknologi yang "melunturkan" nilai etika tradisional. Untuk tiap contoh, sebutkan teknologinya, model kerjanya, dan nilai etika tradisional yang hilang!
  2. Pelanggaran terhadap etika akan mendapatkan sanksi sosial dan sanksi hukum. Kapan pelanggaran etika memperoleh sanksi sosial dan memperoleh sanksi hukum. Berikan Contonya!
Jawaban untuk dua persoalan diatas:
  1. Berikut ini adalah 3 contoh serta penjelasan untuk perubahan proses bisnis yang "melunturkan" nilai etikanya:
    • Siaran Televisi
      • Teknologi yang digunakan: Televisi
      • Model Kerja: Televisi sebagai media informasi dari berbagai sumber yang terdiri dari informasi teknologi, ekonomi, sosial dan sebagainya.
      • Nilai Tradisional yang Hilang:
        1. Berkurangnya budaya penduduk untuk membaca informasi lewat surat kabar/koran.
        2. Hilang budaya sopan santun terhadap seksama makhluk sosial akibat tanyangan televisi yang kurang mendidik.
    • Proses Jual-Beli
      • Teknologi yang digunakan: PC/Handphone
      • Model Kerja: Sistem jual-beli saat ini memanfaatkan fasilitas teknologi berupa internet dimana siapapun dan kapanpun dapat berbelaja lewat aplikasi e-commerce yang telah tersedia sehingga pembeli tidak perlu datang ke toko dan barang yang dibeli pun diantar sampai tujuan, contohnya: Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.
      • Nilai Tradisional yang Hilang:
        1. Budaya tawar-menawar penjual dan pembeli secara tatap muka, sehingga tidak ada interaksi secara langsung.
        2. Pembeli menjadi malas untuk pergi ke toko langsung dikarenakan fasilitas yang ditawarkan oleh e-commerce salah satunya ada pengiriman barang sampai ke tujuan.
    • Handphone
      • Teknologi yang digunakan: Handphone
      • Model Kerja: HP sebagai alat hiburan, komunikasi, dan pendidikan menggunakan perangkat lunak yang telah diprogram.
      • Nilai Tradisional yang Hilang:
        1. Berkurangnya sosialisai
        2. Punahnya permainan tradisional.
        3. Dengan ada sistem catatan secara elektronik membuat pelajar/mahasiswa malas untuk menulis pada buku.

  2. Hal-hal yang membuat seseorang melanggar etika yaitu: kebutuhan individu, tidak adanya pedoman hidup, perilaku dan kebiasaan individu, lingkungan yang etis dan perilaku orang yang ditiru.
    Sanksi pelanggaran etika:
    • Sanksi Sosial : Sanksi ini diberikan oleh masyarakat sendiri, tanpa melibatkan pihak berwenang. Pelanggaran yang terkena sanksi sosial biasanya merupakan kejahatan kecil, ataupun pelanggaran yang dapat dimaafkan. Dengan demikian hukuman yang diterima akan ditentukan leh masyarakat, misalnya membayar ganti rugi dsb, pedoman yang digunakan adalah etika setempat berdasarkan keputusan bersama.

    • Sanksi Hukum : Sanksi ini diberikan oleh pihak berwengan, dalam hal ini pihak kepolisian dan hakim. Pelanggaran yang dilakukan tergolong pelanggaran berat dan harus diganjar dengan hukuman pidana ataupun perdata. Pedomannya suatu KUHP
Posted by Alice Zuberg

0 Comments